Yoga: 5 Mitos Tentang Yoga

5 Mitos YogaMasih hari ini ada banyak mitos tentang Yoga. Berikut beberapa di antaranya:

Yoga berarti postur yoga Ini mungkin mitos terbesar tentang yoga. Postur, meski penting hanyalah salah satu anggota gerak yoga. Anggota badan lain seperti Yama, Niyama, Pranayama dan Meditasi sebenarnya lebih penting. Postur membuat Anda tetap sehat secara fisik tetapi yoga lebih dari sekadar postur. Beberapa guru yoga harus disalahkan karena keyakinan ini. Untuk mengesankan siswa mereka, mereka menunjukkan postur “ekstrim” dan mengatakan bahwa seseorang harus berusaha untuk mencapai postur-postur ini. Dalam Yoga Sutrats, Patanjali mengatakan- “Setiap pose yang membuat Anda tetap stabil dan dalam kondisi yang nyaman adalah Asana”. Tujuan utama dari asana adalah untuk dapat duduk dalam kondisi meditasi selama berjam-jam dan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Yoga harus dipraktekkan oleh agama tertentu Ini adalah fakta bahwa asal yoga dalam peradaban India. Namun, tidak ada tempat di teks-teks yoga disebutkan bahwa mereka harus dipraktekkan hanya oleh umat Hindu. Di jaman modern di mana teknologi telah memecahkan hambatan negara, agama dan melemparkan hanya orang yang berpikiran sempit dapat mengatakan bahwa yoga adalah untuk agama tertentu.

Praktisi yoga harus menjauhkan diri dari tugas-tugas duniawi Tujuan akhir yoga adalah realisasi diri atau persatuan dengan Tuhan. Namun, itu tidak berarti bahwa hanya bhikkhu atau bhikkhu yang dapat mempraktikkannya. Setiap orang memiliki hak kebebasan, baik itu seorang pelepas keduniawian atau seorang perumah tangga. Sebenarnya sangat sulit untuk mengingat Tuhan ketika melakukan tugas sehari-hari. Mereka yang ingin mencapai hasil dengan cepat dapat mengabdikan diri sepenuhnya untuk “Sadhana” tetapi yang lain dapat melakukannya dengan sangat baik dengan mengikuti rutinitas harian mereka.

Tanda-tanda kemajuan yoga tidak dapat dilihat di zaman modern. Kita semua mengklaim sebagai modern dan dengan visi ilmiah. Namun, kita sering mengabaikan kemungkinan bahwa ada samudera pengetahuan yang tidak pernah kita jelajahi. Teks Yoga Kuno berbicara tentang berbagai kekuatan Yoga dan tanda-tanda kemajuan Yoga (melihat cahaya, mendengar suara mistik, mengetahui kejadian masa depan dll.). Hal-hal ini dianggap usang dan bahkan beberapa guru yoga mengatakan bahwa mereka adalah sesuatu yang tidak dipercayai atau di luar jangkauan. Namun praktek kita yang salah harus disalahkan untuk ini. Jika seseorang berlatih dengan kejujuran dan ketulusan maka Anda juga dapat mengalami tanda-tanda mistik ini.

Seseorang dapat berlatih yoga tanpa mengubah gaya hidup dan sikap seseorang yang tidak terkontrol. Salah besar. Banyak yang disebut guru modern tampaknya mengatakan kepada siswa mereka bahwa yoga akan bekerja seperti keajaiban dalam hidup mereka dan mereka dapat melanjutkan gaya hidup mereka yang tidak terkendali “As Is”. Guru sejati tidak akan pernah mempromosikan gaya hidup yang tidak terkendali; baik itu dalam hal kenikmatan materi, diet, atau kenikmatan indra. Setiap hubungan adalah memberi dan menerima hubungan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik, Anda harus menyerahkan hal-hal yang tidak terkontrol dalam hidup Anda. Kemudian dan hanya kemudian cahaya akan datang kepada Anda. Dalam Bhagwat Gita dikatakan bahwa orang yang berlatih ekstrem (terlalu tinggi dan terlalu rendah) dalam pekerjaan, tidur, makan, dll. Tidak dapat mencapai Yoga. Seorang yogi harus mengikuti jalan moderat dalam latihannya.

Leave a Reply