Tambang Batu Dukung Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Tambang Batu – Pembangunan infrastruktur di Indonesia sedang dilakukan percepatan agar dapat segera diselesaikan. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak yang terkait untuk melaksanakan pembangunan tersebut, dari hulu sampai ke hilir, dari penyediaan bahan baku konstruksi serta juga duku ngan dari teknologi alat-alat konstruksi yang tepat.

Dukungan bahan baku untuk pembangunan tersebut, seperti penyediaan batu untuk konstruksi jalan maupun bangunan, diambil dari banyak perusahaan tambang batu yang menghasilkan kualitas batu yang sangat bagus agar konstruksi yang dibangun kuat dan tahan lama.

Tambang Batu

Daerah Rumpin (Bogor), misalnya, dikenal sebagai penghasil batu yang kualitasnya sangat bagus. Banyak perusahaan tambang batu di daerah ini yang mensupplai bahan baku batu ke proyek-proyek pembangunan pemerintah untuk mendukung percepatan pembangunan, seperti untuk pembangunan jalan, beton untuk membangun jembatan dan juga struktur beton yang sedang banyak diperlukan saat ini dalam membangun jalan kereta api LRT.

Salah satu perusahaan besar tambang batu yang beroperasi di daerah Rumpin adalah PT. Gunung Mas Jaya Indah (PT. GMJI). Perusahaan ini mensupplai sekitar 70% dari produksinya ke proyekproyek pemerintah melalui beberapa perusahaan BUMN. PT. GMJI yang berdiri sejak 1984 terus berkembang dan melakukan join venture dengan perusahaan asing sekitar tahun 2010. Proses produksi perusahaan ini tentu saja tidak lepas dari dukungan teknologi alat-alat konstruksi yang handal, seperti mesin drill, loader, dozer serta excavator.

Dukungan teknologi alatalat konstruksi yang dimiliki perusahaan tambang batu tersebut berperan sangat penting. Ambil sebagai contoh Excavator. Excavator berfungsi untuk menggali dan mengambil batu setelah dilakukan peledakan (blasting) terlebih dahulu pada tebingtebing batu di lokasi tambang. PT. GMJI mempercayakan Excavator kelas 20 ton dari merek Sumitomo SH210-6 untuk aplikasi tersebut.

SH210-6 merupakan excavator generasi teknologi terbaru Sumitomo yang dikenal kuat, tangguh, bertenaga serta irit bahan bakar juga nyaman dioperasikan. Dalam memilih excavator PT. GMJI mempertimbangkan beberapa faktor, sebagaimana disampaikan Lowa Wentjong selaku penanggung jawab di perusahaan tersebut. Yang pertama, kata dia, kualitas produk harus bagus.

Untuk itu, perusahaan ini sangat mempercayakan merek dari pabrikan Jepang karena kualitas produknya diakui sangat bagus di dunia. Hal lain yang dipertimbangkan berkaitan dengan ketersediaan Suku Cadang. Ia optimistis Sumitomo menjamin ketersediaan spare parts karena produsen ini memiliki pabrik pembuatan excavator di Karawang, Jawa Barat.

Contohnya lagi untuk suplai listrik selama proses pekerjaan berlangsung, ia lebih memilih menggunakan genset open kapasitas 1500 kVA dengan bahan bakar diesel yang terkenal irit dan bandel. Mereka membelinya melalui tempat jual genset open jakarta yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat.

Indra, operator Sumitomo Excavator pada lokasi tambang batu PT. GMJI di Rumpin ini, menambahkan bahwa faktor lain yang turut dipertimbangkan ketika memilih Excavator Sumitomo adalah kelincahan, tenaga dan kenyamanan yang ditawarkan alat ini.

Dian, Kepala Teknik Tambang PT. GMJI, menegaskan beberapa faktor sangat penting yang diperhatikan saat memilih Excavator Sumitomo, yakni kualitasnya bagus, perawatannya mudah, pelayanan purna jual yang cepat serta irit pemakaian bahan bakar.

Itu sebabnya, PT. GMJI optimistis dapat terus berkembang dan mampu berkompetisi dalam mensuplai kebutuhan batu untuk memenuhi kebutuhan berbagai pembangunan infrastruktur pemerintahan di Indonesia saat ini dan pada masa mendatang.

Leave a Reply