Perubahan Dunia Usaha yang Begitu Cepat Sekali Dalam Bisnis

Selama beberapa dekade ini telah terjadi revolusi dalam dunia usaha, yang mempercepat perubahan-perubahan mendasar dalam mengatur operasi perusahaan atau bisnis sebagai unit jualan. Kekuatan terbesar yang mendorong terjadinya revolusi ini adalah inovasi dalam teknologi informasi yang begitu cepat sekali. Inovasi ini merupakan sinergi dari sebuah sistem pemrosesan data dengan sistem elektronik. Kemampuan dua inovasi teknologi ini telah menghilangkan halangan-halangan geografis dan waktu. Selain itu juga menjadikan perbaikan dalam tingkat pelayanan kepada masyarakat sebagai target bisnis dan juga merubah struktur bisnis atau industri.

Akibatnya, tidak sedikit bisnis dan perusahaan besar yang termasuk dalam kategori blue chips di masa lampau telah jatuh usahanya. Jika tidak jatuh paling tidak mengalami kehentian dalam perkembangan usahanya dan bisnis-bisnis di masa lalu itu mengalami ‘frustasi’. Usaha tersebut mengalami tekanan disebabkan mereka tidak mampu mengatasi krisis-krisis yang ada dan hadir sebagai akibat perubahan dunia usaha yang begitu cepat sekali.

Perubahan Dunia Usaha yang Begitu Cepat Sekali Dalam Bisnis Deskripsi

Perubahan Dunia Usaha yang Begitu Cepat Sekali Dalam Bisnis Deskripsi

Sebagai contoh yang paling populer dan cukup kenal adalah perusahaan IBM. Perusahaan di bidang komputer atau teknologi ini awalnya merupakan pemimpin industri komputer. IBM juga telah mengasdakan banyak langkah dalam sistem pengelolaan perusahaan mereka. Sayanganya perusahaan IBM yang bisa dikategorikan sebagai ‘raksasa biru’ ini tidak dapat menghindarkan diri dari tingginya tingkat persaingan. Tingginya persaingan ini menjadikan IBM menjadi kalah atau bertekuk lutut kepada para pesaing-pesaing yang sama -sama dalam segmen usahanya.

Kejadian perusahaan besar sekelas IBM ini terjadi karena bisnis mereka memiliki pendapat dan asumsi yang tidak bisa dan sesuai lagi dipakai olah perusahaan mereka. Selain itu asumsi yang dipakai mereka sudah tidak sesuai lagi dengan lingkungan bisnis mereka. Padahal asumsi-asumsi perusahaan dan bisnis mereka yang menjadikan “strategi bisnis” yang menjadi bagian dari unit usaha mereka masing-masing. Sebelumnya asumsi-asumsi ini sebagai strategi bisnis perusahaan mampu bertahan. Sayangnya disebabkan perubahan dunia yang begitu cepat khususnya dalam bidang teknologi dan informasi menjadikan strategi bisnis menjadi cepat usang. Tidak hanya bidang itu saja namun bidang lain seperti ekonomi dan politik. Sehingga jika bisnis ingin bertahan maka sebuah perusahaan harus bisa membuat formulasi demi strategi bisnis mereka yang terbaik.

Leave a Reply