Mengenal zat hirudin beserta kegunaanya

Didunia medis atau kedokteran banyak sekali zat zat yang berguna dan dimanfaatkan untuk keperluan medis tersebut, dari beragam zat yang digunakan semuanya mempunyai peran serta manfaat sendiri sendiri. Salah satu contohnya adalah zat penghilang rasa sakit atau anastesi, dimana zat ini digunakan saat sebelum dilakukan tindakan operasi supaya pasien tidak merasakan sakit ketika proses operasi dilakukan.

Selain zat penghilang rasa sakit atau anastesi masih banyak zat lain yang berguna dan sering dimanfaatkan dalam dunia medis, dan salah satu contohnya adalah zat hirudin. Zat hirudin merupakan zat yang mempunyai fungsi untuk melancarkan aliran darah pada pembuluh kapiler, dan sering dimanfaatkan untuk operasi kecil atau bukan operasi yang melibatkan organ vital dalam tubuh. Salah satu contoh operasi kecil seperti pada telapak kaki, atau tangan.

Mengenal zat hirudin, jika anda mengetikkan kata kunci “hirudin” pada browser handphone atau komputer anda pasti yang muncul adalah hewan dari kelas Hirudinea dari filum Annelida yaitu adalah lintah, baik itu web dalam negri ataupun web dari luar negri. Ya itu semua dikarenakan zat kimia alami hirudin hanya bisa ditemukan pada kelas Hirudinea yaitu spesies lintah.

Hirudo medicinalis merupakan salah satu jenis spesies lintah yang mempunyai berbagai keunikan. Tahukah anda meskipun hewan ini kecil namun memiliki 100 gigi kecil seperti gergaji yang dapat digunakan untuk merobek kulit sebelum ia menghisap darah, namun sebelumnya di juga mengeluarkan zat hyaluronidase yang berfungsi sebagai anastetik sehingga yang digigit tidak akan merasakan sakit, inilah keunikannya.

Dan setelah lintah berhasil menghisap darah, dia akan mengeluarkan zat hirudin. Zat ini berfungsi melancarkan aliran darah sehingga lintah dapat dengan mudah menghisap darah mangsanya. Sekali menghisap dia mampu mengambil darah mangsanya hingga 5 ml, sehingga ukuran tubuhnya mampu menjadi lebih besar 5 kali lipat dari ukuran aslinya. Setelah kenyang lintah akan melepaskan gigitan dan mengeluarkan zat trhombin yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka gigitannya, ini juga merupakan keunikannya.

Sejak dahulu kala lintah sudah digunakan dibidang terapi pengobatan di negara negara Eropa dan Amerika, karena dia memiliki lebih dari 14 jenis zat aktif yang bisa ditemukan pada air liur serta minyak lintah yang dihasilkannya. Itulah mengapa lintah hirudo medicinalis sering disebut sebut juga dengan obat Eropa. Karena salah satu kandungan zat yang ia miliki yaitu hirudin sering dilibatkan dalam dunia kedokteran.

Itulah sedikit informasi mengenal zat hirudin, tak disangka sangka bahwa zat yang mempunyai banyak kegunaan untuk manusia tersebut dapat ditemukan pada hewan yang sering dipandang sebelah mata karena semua merasa geli dan bahkan jijik ketika menemuinya, yaitu adalah lintah hirudo medicinalis.

Leave a Reply