Kiprah Perusahaan Volvo Dalam Produsen Alat Berat dan Genset

Kiprah Perusahaan Volvo – Volvo Construction Equipment (Volvo CE) merupakan salah satu pelopor sejati di industri alat berat sejak tahun 1832. Dengan inovasi yang terkenal, seperti wheel loader dan articulated hauler, Volvo CE telah merevolusi industri alat berat. Fakta lainnya adalah bahwa tradisi tersebut terus berlanjut hingga saat ini, dengan produk terbarunya EC200D di kelas 20 ton, sebuah excavator yang dihadirkan ke pasar Asia pada akhir tahun 2017.

Kiprah Perusahaan Volvo

Sejarah excavator Volvo tidak lepas dari Akerman Gjuteri och Mekaniska Verkstad, sebuah perusahaan Swedia yang didirikan pada tahun 1890. Akerman awalnya memproduksi peralatan seperti pompa dan penggiling sebelum akhirnya mengembangkan sayap ke industri alat berat. Adalah excavator 8 ton Akerman 300 model tali sekop yang menandai kiprahnya di industri alat berat pada tahun 1939. Excavator ini tidak membutuhkan waktu lama untuk menuai sukses, sekaligus mengawali eksistensi Akerman di pasar internasional.

Fokus pada excavator
Pada tahun-tahun selanjutnya, bisnis excavator secara bertahap berkembang, dan pada tahun 1956, Akerman hanya fokus menggarap lini produk ini. Selama tahun 60an, Åkerman mulai berinovasi memperkenalkan hydraulic excavator pertamanya, yang membuat Åkerman mendapatkan reputasi internasional sebagai produsen excavator premium yang berkualitas tinggi dan memiliki daya tahan tinggi. Dan Indonesia merupakan salah satu pasar ekspor Akerman untuk lini excavator terbaiknya. Untuk mempertahankan reputasi tersebut, insinyur dari Akerman terus mengembangkan excavator dengan performa dan kualitas terbaik. Inovasi dari putra terbaik Akerman ini tetap diteruskan bahkan ketika Volvo mengakusisinya pada tahun 1991.

Merambah pasar Asia
Tahun 1998 merupakan tonggak bersejarah Volvo CE mengembangkan sayap bisnis di Asia setelah mengakuisisi Divisi Peralatan Konstruksi Samsung di Korea Selatan. Akuisisi tersebut memperkuat legitimiasi 180 tahun pengalaman Volvo di industri alat berat dan kesuksesan Akerman dalam desain excavator Eropa. Hal ini dikombinasikan dengan fokus yang kuat pada kualitas, keamanan yang akhirnya memulai generasi baru excavator. Sebagai bukti keseriusannya berbisnis di Asia, Volvo juga berinvestasi membangun pabrik modern berstandar internasional di Changwon.

Dua excavator pertama Volvo yang diluncurkan dari parbrik Changwon tahun 1999 adalah EC210 dan EC240. Tidak hanya memiliki boom dan arm bernuansa hitam klasik ala Akerman, namun juga unggul dalam hal kualitas, keamanan, produktivitas serta tidak lupa, lebih terjamin. Selain di Changwon, excava- tor andalan Volvo juga dipro- duksi di pabrik-pabrik yang tersebar di berbagai daerah di Asia, antara lain di Bangalore (India) dan di Shanghai (Tiongkok). Sebagai unit terbaru yang ditambahkan ke lini produk excavator Volvo EC200D diyakini mampu menyamai kesuksesan pendahulunya.

Mesin lebih bertenaga
Berpijak pada teknologi dan kehandalan wheel loader dan articulated hauler miliknya, Volvo CE mengembangkan produk excavator. Volvo ada tercanggih di kelas wheel loader dan articulated hauler. Reputasi Volvo di industri ini bahan bakar yang luar biasa, produktivitas tinggi dan biaya operasi yang rendah pada setiap excavator yang berhasil dibuat. Sejalan berjalannya waktu, ukuran excavator mengalami peningkatan seiring dengan artic hauler yang juga semakin besar sosoknya.

Sukses Bisnis Generator Set
Selain kiprahnya yang menggelegar di dunia alat berat, Volvo pun turut menggelegar kiprahnya di dunia mesin generator set yang biasa digunakan sebagai alat sumber listrik cadangan. Banyak pedagang jual genset open jogja yang menjual produk dari Volvo, hal ini membutikan bahwa mesin buatan perusahaan tersebut memiliki kualitas yang luar biasa.

Leave a Reply