Kandang Kelinci Modern Untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

Kandang Kelinci Modern telah banyak dijual di pasaran. ada yang dijual sudah dalam bentuk kandang atau berdasarkan request dan desain yang diinginkan oleh pembeli.

Kandang kelinci modern banyak dibeli untuk menaruh kelinci peliharaan di rumah atau untuk beternak kelinci pedaging.

Kandang kelinci modern yang dibuat biasanya hanya mementingkan sisi keindahan desainnya tanpa memperhatikan kenyamanan kelinci yang menempatinya.

Padahal untuk beternak kelinci baik kelinci hias atau pedaging, kandang yang nyaman merupakan hal yang peling penting yang perlu diperhatikan selain pakan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat kandang kelinci modern agar selain indah, kelinci juga nyaman tinggal di kandangnya sehingga dapat berproduksi maksimal.

Tips Membuat Kandang Kelinci Modern

Kandang Kelinci Modern Untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

  1. Bentuk Kandang

Jika kelinci yang dipelihara dalam jumlah yang banyak (misalnya untuk beternak kelinci), kandang dapat dibuat dengan bentuk bersusun. Tipe kandang bersusun banyak dipakai peternak karena dianggap lebih menghemat tempat. Dibawah kandang dibuat jarak untuk tempat kotoran, karena jika tidak kotoran kelinci dari atas akan jatuh mengenai kelinci di bawahnya.

Hal ini akan menyebabkan kelinci yang dibawah lebih mudah terkena bakteri. Pada jarak kandang antara kelinci bawah dan kelinci atas dibuatkan tempat khusus untuk menampung kotoran sementara sebelum akhirnya dibuang. Selain itu, hal yang tak kalah penting yaitu kandang kelinci harus memiliki sirkulasi udara yang cukup.

  1. Ukuran Kandang

Jika lahan yang Anda miliki cukup luas sebaiknya kandang dibuat lebih lebar. Namun jika luas lahan terbatas, kandang dapat dibuat dengan ukuran minim. Yang perlu diperhatikan yaitu ukuran lebar kandang, minimal 4 kali ukuran besar kelinci.

Hal ini dimaksudkan agar kelinci lebih leluasa bergerak dan lebih sehat.

  1. Alas Kandang

Alas atau lantai kandang dibuat dari bahan yang kuat agar tidak mudah goyang saat diinjak oleh kelinci. Jika alas kandang ingin dibuat bercelah agar kotoran kelinci jatuh ke bawah, sebaiknya celah yang dibuat jangan terlalu lebar atau terlalu sempit, agar kaki kelinci tidak terjepit dan tidak dimasuki tikus atau hewan lain.

Lantai kandang dibuat dengan desain dapat dilepas agar mudah saat membersihkannya.

  1. Tinggi Kandang

Tinggi kandang juga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Ukuran tinggi kandang sebaiknya jangan terlalu pendek, karena salah satu kesehatan kelinci ditentukan dari seringnya ia berdiri. Tinggi kandang disesuaikan dengan ukuran panjang kelinci yang akan dipelihara. Sebagai contoh, kelinci dengan panjang 50 cm ditempatkan pada kandang dengan tinggi 60 cm.

  1. Jarak Kandang

Alas kandang dibuat dengan jarak minimal 30 cm dari tanah. Agar kotoran kelinci jatuh ke bawah dan meminimalisir kelinci untuk terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari kotorannya.

  1. Penempatan Kandang

Kandang kelinci sebaiknya ditempatkan pada tempat yang teduh tapi masih terjangkau oleh sinar matahari. Sinar matahari yang diperlukan yaitu sinar matahari pagi sekitar pukul 6 sampai pukul 8 pagi. Karena sinar matahari pagi sangat penting untuk kesehatan kelinci. Usahakan agar sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kandang.

Disamping beternak kelinci, sebagai usaha sampingan Anda juga bisa membuat Berbagai Desain Kandang Kelinci Modern Untuk Mempercantik Pekarangan Rumahyang dapat dipasarkan kepada rekan langganan yang membeli kelinci.

Leave a Reply