Jalak Harupat Kujang Batu Mulia Dari Tanah Sunda

Jalak Harupat Kujang Batu Mulia Dari Tanah Sunda

Kujang Jalak Harupat

Dari seluruh kujang batu karyanya, Indra mengaku tak membuat desain secara khusus. Apa yang diingatnya, langsung dibuat. Sudah ada 1.800 dari 4.444 bentuk kujang yang ia selesaikan di workshopnya.

Dalam membuat kujang, Indra mengaku terinspirasi zaman Kerajaan Tarumanegara sampai Ciung Wanara. Untuk batunya, Indra mendapatkannya dari Kota Garut yang kaya akan jenis bebatuan mulia yang sangat digemari saat ini.

Awalnya, dia hanya mengumpulkan batu. Keinginan untuk melestarikan potensi daerah dan budaya Sunda menjadi salah satu alasannya dalam membuat kerajinan kujang batu ini.

Kujang sendiri, menurut Indra, berasal dari kata kudhyang. Yaitu, jalan menuju Sang Pencipta. Kujang juga memiliki arti lain, yakni kukuh kanu jangji, yang berarti memegang kekuatan janji.

“Dulu saya pernah bikin sampai 500 biji untuk trial dan error-nya, karena belum sempurna dan mulus bentuknya. Awalnya membuat Kujang Badak, karena tidak terlalu rumit bentuknya,” ujar Indra.

Proses percobaan tersebut berlangsung selama 1,5 tahun sampai tahun 2014. Baru pada 2015, Indra mulai memasukkan kujang batu buatannya ke dalam pameran pameran yang di selenggarakan oleh dinas kebudayaan dan juga telah mengikuti pameran tingkat propinsi yang diselenggarakan oleh komunitas pecinta batu mulia di Indonesia. Meski ukurannya kecil, harga kerajinan ini tak kalah dengan harga batu akik untuk cincin atau sejenisnya yang memang berbahan dasar dari batu mulia.

Indra mematok harga kujang buatannya Rp 1,5 juta-Rp 3 juta. Harga tersebut tergantung dari ukuran, tingkat kerumitan dan tujuan dari pembeli kujang. Sedangkan untuk batu yang dirancang khusus untuk para pejabat, kata Indra, harganya bisa mencapai Rp 5 juta-Rp 135 juta. Harga yang pantas didapatkan untuk seorang seniman sekaligus pengarajin yang melestarikan kebudayaan daerah.

Untuk produk produk yang khusus itu, misalnya Kujang Jalak Harupat, konon digunakan oleh Raden Jalak Harupat yang terkenal sakti dan adil. Kujang Jalak Harupat ini, kata Indra, terbuat dari batu yang berasal dari Bungbulang, Garut.

“Kujang yang ini sangat eksklusif saya akan jual  Rp 135 juta saja,” pungkasnya.*.

 

Leave a Reply