Cara Yang Benar Sterilisasi Pada Botol Bayi

Cara Yang Benar Sterilisasi Pada Botol Bayi – Langkah yang harus Anda lakukan untuk menjaga si kecil terus sehat dan berkembang normal adalah dengan mensterilkan botol susu dan tempat makan bayi Anda. Sebelum langkah mensterilkan, selalu cuci botol susu dengan air sabun bersih beserta dengan semua peralatan yang di pakai oleh bayi Anda. Pastikan semua kotoran dan bekas susu sudah bersih terhapus.

Cara Yang Benar Sterilisasi Pada Botol Bayi

Langkah yang paling tepat untuk membersihkan peralatan dan botol susu bayi adalah sesegera mungkin setelah Anda memakainya untuk makan si kecil. Untuk lebih bersihnya dan steril gunakan air bersih di campur dengan air sabun panas. Pastikan dot susu juga di rendam dalam air sabun panas.

Untuk memastikan botol susu dan dot bersih dan steril, pastikan dot susu kondisinya di balik atau istilahnya seperti baju di balik dan lakukan pembersihan dengan air hangat dengan sabun. Setelah semuanya bersih, Anda harus membilasnya menggunakan air bersih.

Ada beberapa cara untuk mensterilkan peralatan dan botol susu bayi seperti sterilisasi mengunakan uap listrik atau menggunakan microwave. Jika Anda tidak ingin repon dan listrik sedang padam bisa menggunakan sterilisasi air mendidih atau menggunakan air super dingin.

Menggunakan sterilisasi uap listrik sangat cepat dan sangat efisien, sangat cocok untuk Anda yang sangat super sibuk karena hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit saja. Saat ini steriliser uap keluaran baru bisa mensterilkan peralatan hingga 6 botol sekaligus dan memiliki ruang sterilisasi buat dot dan alat-alat kecil.

Selama proses sterilisasi menggunakan uap listrik Anda harus memastikan semua botol dan peralatan menghadap ke bawah. Mungkin sterilisasi menggunkan uap listrik ini tidak cocok untuk pompa payudara Anda karena bisa saja meleleh jika bahannya kurang bagus.

Selain mengunakan sterilisasi uap listrik Anda juga bisa menggunakan sterilisasi microwave yang sangat cepat karena hanya memerlukan waktu 90 detik saja. Jika Anda menggunakan microwave pastikan botol sudah di cabut tutupnya untuk menghindari tekanan yang berlebih yang bisa menyebabkan ledakan kecil. Steriliser microwave sangat aman dan praktis tetapi Anda harus berhat-hati karena sangat panas dan bisa menyebabkan jari Anda melepuh.

Mensterilkan botol susu bayi yang paling murah adalah dengan merebusnya. Gunakan panci besar dan masukkanlah peralatan bayi Anda seperti botol susu, tempat makanan dan beberapa peralatan makan seperti sendok. Pastikan panci besar yang Anda gunakan untuk mensterilkan peralatan bayi ini tidak di gunakan merebus apapun untuk menjamin peralatan si kecil aman dan steril.

Catatan menggunakan sterilisasi merebus adalah selalu cek apakah peralatan yang mudah rusak seperti dot kondisinya bagus dan tidak terlalu panas.

Sterilisasi yang terakhir bisa menggunakan sterilisasi dingin. Gunakan larutan sterilisasi yang di campurkan dengan air dingin, bisa di beli di apotek langganan Anda. Sterilisasi ini sangat efekti tetapi membutuhkan banyak waktu bahkan bisa mencapai 24 jam.

Lebih baiknya Anda mempunyai tempat khusus untuk proses sterilisasi dingin ini tetapi jika memang sangat terpaksa gunakanlah ember kecil yang khusus buat peralatan bayi Anda.

Untuk satu tahun pertama semenjak bayi Anda lahir, Anda harus rajin mensterilkan semua peralatan bayi Anda agar si kecil selalu sehat dan tidak mengalami gangguan pencernaan.

Leave a Reply