Cara menjadikan hidup produktif

kehidupanCara menjadikan hidup produktif – Berbagai cara manusia untuk hidup kebanyakan hanya mengagungkan harta. Berbuat ini cari harta, berbuat itu ujungnya uang. Jenuh rasanya bila uang dijadikan sebuat objek utama dalam hidup. Bukankah hidup itu bukan untuk harta? Harta mu bisa saja itu ujian atau hukuman namun kadang tidak pernah disadari.

Masalah dunia & akherat tentu harus balance. Tidak harus rajin namun bisa mengimbangi kehidupan dengan pemaknaan yang tujuannya itu akherat.

Hidup produktif tidak hanya untuk mencari uang namun bertemu dengan teman atau menjalin silaturahmi adalah sebuah kehidupan produktif disisi lain.

Bangun pagi kemudian sholat subuh itu salah satu prduktif dalam hidup. Melaksanakan kewajiban bagi seorang muslim bisa disebut juga produktif. Setelah itu bekerja untuk niat iabdah. Niatkan ibadah dalam setiap langkah seorang suami (khususnya) untuk meraih rejeki. Tentu ini bisa diartikan hal lain. Rejeki tidak berupa harta semata namun kesehatan, kebahagiaan, kenikmatan hidup juga rejeki yang tidak ternilai harganya.

baca juga: Rahasia Untuk Hidup Bahagia

Hidup tidak perlu neko-neko untuk pamer ini itu. Kadang ini yang ada di sekitar kita. Tetangga beli motor baru , eh tetangga lain ikut beli motor baru dengan model terbaru yang lebih mahal. Terus begitu sampai tidak ada yang mau legowo. Istilah jawanya panastenan karo urip wong liyo. Perilaku ini tidak mencerminkan sebuah kehidupan yang bahagia. Apa bisa disebut produktif? Tentu jauh dari kata produktif , terlebih membeli barang tentu tergolong pemborosan yang tidak penting.

Hidup itu yang apa adanya saja, tidak susahikut omongan orang. Lebih qonaah menerima semua ridha sing duwe urip. Jadi hidup produktif itu lebih kearah yang melaksanakan kewajiban sebagai muslim, manusia, atau sebagai mahkluk social. Hal ini bisa menjadikan hidup tidak bercampur baur dengan sisi negative dari kehidupan orang lain.

Semoga kita semua bisa memanfaatkan kehidupan yang tidak lama ini sebagai kehidupan yang produktif.

Leave a Reply