Cara Cerdas Menghindarkan Anak Dari Penculikan

Cara Cerdas Menghindarkan Anak Dari Penculikan – Rasa was-was orang tua kembali timbul ketika berita penculikan anak kian sering muncul di berita. Mulai dari kasus penculikan anak dengan modus suruhan orang tua untuk menjemput hingga modus penculikan anak di rumah sakit untuk dijual lagi. Beberapa kasus yang dilaporkan, rata-rata yang menjadi korban anak usia 1 hignga 6 tahun.

Cara Cerdas Menghindarkan Anak Dari Penculikan

Ditengah semakin sulitnya perekonomian, semakin banyak pula orang yang nekad melakukan apapun untuk mendapatkan uang. Salah satu contohnya kasus penculikan anak kemudian orangtua anak dimintai sejumlah uang tebusan agar anaknya bisa kembali dalam keadaan selamat.

Sebagai orangtua, langkah apa yang tepat untuk menghindarkan anak menjadi korban penculikan ? Berikut ulasanya.

  • Simpan data identitas anak baik-baik, jangan di unggah ke internet, terutama media sosial. Data anak yang tidak disimpan dengan baik, sangat rawan dimanfaatkan oleh oknum yang memiliki niat jahat.
  • Ajarkan anak untuk tidak memberikan informasi pribadi kepada orang tak dikenal di dunia maya, bahkan terhadap temanya pun jangan diperbolehkan. Jangan pernah mengunggah kegiatan anak sehari-hari, misalnya waktu pulang sekolah atau waktu anak bermain diluar.
  • Beri pengertian terhadap anak mengenai batasan sampai sejauh mana dia boleh bermain, misalnya main di rumah tetangga sebelah.
  • Ajarkan pula ke anak mengenai apa yang harus dilakukanya jika suatu saat tersesat dijalan atau ditempat umum.
  • Jangan sekali-kali meninggalkan anak di dalam mobil atau didalam rumah tanpa pengawasan orang dewasa.
  • Bila anda mempunyai asisten rumah tangga, periksa dengan teliti latar belakang pengasuh dan lembaga yang menyalurkan. Jangan pilih asisten ruma tangga dari lembaga penyalur yang kredibilitasnya jelek.
  • Sekolahkan anak ditempat yang terkenal bagus dan memiliki satpam. Biasanya satpam sekolah dilengkapi dengan walkie talkie agar mudah meminta bantuan jika suatu saat hal yang tak diinginkan terjadi. Penasaran dengan walkie talki ? Bisa sewa ht area jogja yang harganya terjangkau.
  • Barang berharga seperti perhiasan sebaiknya jangan dipakaikan ke anak. Perhiasan yang harganya mahal bisa mengundang niat jahat dimana saja tanpa mengenal waktu.
  • Ajarkan anak untuk menolak ajakan orang yang tidak dikenal meskipun dengan iming-iming yang menggiurkan.
  • Bila waktunya pulang sekolah, orangtua sebaiknya menjemput tepat waktu. Jangan sampai anak menunggu sendirian atau bahkan pulang ke rumah dengan berjalan kaki tanpa ada yang menemani.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk menghindarkan anak dari aksi penculikan. Bilamana anak anda menjadi korban penculikan, segeralah melapor ke Polisi agar anak anda bisa ditemukan dengan segera.

Leave a Reply