Batu Akik Pancawarna jadi hadiah PON

Batu Akik pancawarna terus menunjukkan keistimewaannya. Setelah digunakan sebagai suvenir pada peringatan 60 tahun konferensi Asia Afrika, akarnya yang pankreatik sekarang dipetik di XIX National Sports Week. Pengrajin Kabupaten Garut membuatnya istimewa untuk peraih medali emas PON XIX.

Sebanyak 1.925 ikan panatam agung dibuat untuk PON XIX. Batu akik tersebut diserahkan Bupati Garut Rudy Gunawan secara simbolis ke papan besar PON XIX, di Garut Square Square, Jumat 9 September 2016, bersamaan dengan perilisan api PON XIX Kabupaten Garut.

akik pancawarna hadiah pon

Para seniman dan pengrajin Gemmin di Koperasi Lasminingrat Kabupaten Garut membuat aneka warna hampir manual dengan tangan. Bagian keterlibatan mesin dalam pembuatan akik saja sedikit.

Pendiri Koperasi Gemstone Lasminingrat, Yudi Nugraha mengatakan, ada 100 pengrajin dan seniman dari kecamatan Bungbulang dan Mekarjaya yang terlibat dalam produksi agat pancawarna. Membuat akik memakan waktu sekitar tiga bulan.

Secara khusus, kualitas agat pancawarna untuk PON XIX sama dengan pancara agate yang dibuat untuk peringatan 60 tahun KAA. Perbedaan, bentuk akik untuk PON dibuat agar terlihat seperti hasil imbang yang akan mati bagi peraih medali emas. Perbedaan lain ada pada bahan dasar produksi batu.

“Kekerasannya sama dengan suvenir KAA, tapi batu edisi KAA ditemukan tahun 1995, dari batu tajam, seperti untuk batu PON van darson pada tahun 2014 di Bungbulang, Desa Mekarjaya,” kata Yudi, Jumat, September. 9, 2016.

Kekuatan batu tersebut merupakan ciri khas pengrajin akuatik agung pancawarna Kabupaten Garut. Dikatakan Yudi, agat pancawarna memiliki kekuatan tujuh lumut.

Spesialisme lainnya adalah warna unsur akik beraneka ragam, sesuai dengan nama agate pancawarna. “Warna pada pancawarna melambangkan keragaman Indonesia, jadi batu itu dipilih sebagai pegangan untuk PON,” katanya.

Dikatakan Yudi, nilai dari tangan agate pancawarna, yakni Rp 2 juta. Kebanggaan membuat tangan untuk PON XIX, bagaimanapun, jauh lebih berharga bagi para profesional di Koperasi Gemstone Lasminingrat.

Bupati Garut Rudy Gunawa juga mengungkapkan rasa bangganya atas kepercayaan pengrajin Garut membuat tangan untuk PON XIX. Rudy mengatakan bahwa dia sangat berterima kasih kepada para pengrajin yang telah membuat panatamal agate. “Pertama kali suvenir untuk PON yang terbuat dari Garut, merupakan bentuk kepercayaan Bupati Garut,” katanya

referensi : jual batu permata , lazada.co.id

Leave a Reply