Bagaimana Cara Merawat Instalasi Pengolahan Air Limbah ?

Bagaimana Cara Merawat Instalasi Pengolahan Air Limbah ?

Untuk membangun satu unit instalasi pengolahan air limbah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika dalam penggunaannya bisa dimaksimalkan maka manfaatnya bisa dirasakan oleh orang banyak. Namun tetap saja, agar tangki IPAL bisa bertahan lama maka harus dilakukan perawatan secara rutin. Perawatannya pun tidak segampang yang kita pikirkan atau hanya tinggal menguras wadah penampungan saja. Berikut tips – tips yang bisa Anda lakukan untuk  merawat IPAL di rumah.

  1. Cek bak pertama atau inlet atau bar screen

Dalam bak IPAL tentunya terdapat sistem filter di mana alat ini akan menyaring air limbah yang terkumpul. Oleh karena itu, pastikan inlet selalu bersih. Jangan biarkan terdapat padatan yang menempel pada saringan, seperti kondom, tisue, pembalut, dan sampah – sampah organik yang lain. Jika dibiarkan hal ini tentunya akan membuat pipa IPAL tersumbat.

  1. Mengetahui kapasiatas IPAL

Seringkali air limbah yang masuk ke penampungan tidak bisa dikontrol karena jumlahnya yang berlebih. Oleh karena itu diperlukan suatu langkah tegas agar pembuangan limbah ke IPAL bisa diatur. Overload limabh pada IPAL, selain menyebabkan peralatan IPAL menjadi lebih mudah rusak juga menyebabkan matinya bakteri pembusuk dan pencerna limbah menjadi lebih cepat mati.

  1. Periksa seluruh peralatan serta sistem IPAL

Pemeriksaan peralatan IPAL harus dilakukan secara rutin, misalnya satu bulan seklaiatau 2 bulan sekali. Agar bakteri pembusuk di dalam tangki IPAL tidak mudah mati, pastikan sirkulasi udara tangki tetap aktif 24 jam dengan tujuan sirkulasi oksigen tetap lancar.

Jika bak ekualisasi penuh dengan lumpur dan  minyak yang tidak bisa diuraikan oleh bakteri maka akan menjadi masalah baru. Oleh karena itu sering-seringlah dicek. Jika sudah mencapai tahap overload, maka bak perlu dkuras.

  1. Pemantauan

Semua sistem dan unit IPAL yang digunakan harus dipantau setiap saat. Biasanya pemilik IPAL akan mendapat buku saku tentang cara merawat peralatan IPAL dari vendor yang membangun sistem.

Jika IPAL bisa dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin, 90 % masalah limbah bisa Anda atasi. Dengan teratasinya masalah ini maka kehidupan akan semakin sehat karena limbah yang berbahaya semakin berkurang.

Leave a Reply