Amankah Mengkonsumsi MSG Waktu Hamil?

Bunda pasti telah tidak asing dengan penyedap rasa atau monosodium glutamate (MSG) yang seringkali dipakai pada masakan. Meskipun dalam kandungan spesifik MSG dipandang aman, namun Bunda tetaplah butuh mewaspadai dampak yang mungkin saja ditimbulkannya.

MSG mempunyai bentuk yang mirip garam atau gula halus. Bahan ini terbuat dari asam amino glutamat yang ada dalam nyaris semuanya makanan tinggi protein dan memiliki kandungan sodium (natrium). Glutamat seringkali dikatakan sebagai umami atau rasa ke-5 pada lidah manusia, sesudah manis, asin, pahit, serta asam. Sedikit yang tahu kalau MSG sesungguhnya dengan alami ada pada makanan spesifik seperti keju parmesan, tomat, ekstrak kedelai serta rumput laut.

Mengkonsumsi MSG Sepanjang Kehamilan
Jeli pilih makanan sehat waktu hamil begitu perlu. Makanan yang umumnya aman dikonsumsi, dalam kandungan spesifik waktu hamil barangkali membahayakan janin. Pada umumnya, MSG termasuk juga aman dikonsumsi ibu hamil serta akan tidak membahayakan janin. Tapi, bukanlah bermakna MSG bisa dikonsumsi terlalu berlebih. Untuk hindari resiko masalah kesehatan karena konsumsi MSG, tambah baik meminimalisir atau hindari mengkonsumsi MSG waktu hamil.

Ada banyak hal yang butuh Bunda cermati waktu konsumsi makanan yang memiliki kandungan MSG :

Kandungan natrium dalam MSG
Biasanya makanan yang memiliki kandungan MSG, juga mempunyai kandungan natrium yang tinggi. Kebanyakan orang butuh mewaspadai kandungan natrium yang ada dalam konsumsi makanan supaya tidak lebih dari 2. 300 mg /hari, ditambah lagi pada ibu hamil. Sebab, konsumsi natrium berlebihan dalam kehamilan, bisa tingkatkan penimbunan cairan badan, terlebih ketika usia kehamilan mencapai trimester ke 3.

Mengkonsumsi MSG sepanjang hamil, baiknya dibatasi ya, Bunda. Alur makan paling baik, terlebih untuk bunda yang tengah hamil, yaitu dengan konsumsi makanan sehat kaya sayuran serta buah yang rendah garam, gula, serta lemak jemu. Dukung dengan berolahraga teratur yang sesuai sama sepanjang kehamilan. Bila Anda mempunyai suatu keadaan kesehatan yang spesial, disarankan sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelumnya konsumsi MSG waktu hamil.

Leave a Reply