5 Tips Mencegah Kanker Paru

5 Tips Mencegah Kanker Paru

Kanker paru merupakan type kanker yang lumayan banyak memakan korban jiwa. Berdasarkan data dari Globocan 2012, penyakit kanker paru merupakan penyakit yang sebabkan kematian terhadap penduduk pria sebesar 30 persen, sedangkan terhadap wanita 11,1 persen.

Tingginya angka kematian akibat penyakit ini disebabkan gara-gara sulitnya untuk mendeteksi secara dini. Dokter spesialis penyakit didalam dari RSUP Persahabatan, dr Elisna Syahruddin, PhD, SpP(K) bahwa tidak tersedia tanda-tanda maupun teknik skiring yang pas untuk mendeteksi kanker paru.

Meskipun lumayan beresiko kalau ditemukan didalam stadium lanjut, bukan artinya penyakit ini tidak dapat dicegah. Dengan jalankan lebih dari satu perihal berikut, kanker paru dapat jauh dari tubuh kita.

1. Hindari rokok dan asapnya

Rokok adalah pembunuh utama gara-gara sebabkan banyak penyakit, kanker paru keliru satunya. Dalam rokok, terdapat berpuluh-puluh ribu zat kimia berbahaya, begitu juga dengan asapnya. Seseorang yang terpapar asap rokok atau disebut perokok pasif berisiko terkena kanker paru serupa saja dengan perokok aktif. Maka perihal paling pas adalah tidak merokok dan menjauhkan asapnya sebisa mungkin.

2. Buat ventilasi tempat tinggal lumayan banyak

Apa hubungannya kanker paru dengan ventilasi? Ventilasi yang merubah aliran hawa di didalam tempat tinggal atau bangunan, dengan aliran hawa yang lumayan terbuka maka hawa yang terlihat masuk pun dapat lebih sehat. Sedangkan aliran hawa tertutup disempurnakan dengan penggunaan air conditioner (AC) dapat meningkatkan konsentrasi gas radon tambah banyak.

Radon adalah gas alam yang dihasilkan dari tanah dan bebatuan, gas ini beresiko bagi saluran pernapasan manusia. Akibat terlalu banyak terpapar radon adalah kanker paru.

3. Beri exhaust fan di dapur

Apa pentingnya exhaust fan (penghisap hawa keluar) di dapur? Yaitu untuk mengeluarkan asap yang berasal dari kompor di dapur. Ternyata cara menjadi agen pulsa darra reload asap yang kerap kita jumpai itu juga dapat sebabkan kanker paru. Karena asap dapur pun memiliki kandungan karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen dioksida (NO2) yang dapat beresiko terhadap kesegaran saluran pernapasan

4. Pakai masker

Masker bermanfaat untuk memelihara saluran pernapasan dari paparan polusi hawa yang tercemar secara langsung. Polusi yang paling banyak berasal dari kendaraan bermotor ini memiliki kandungan karbon monoksida (CO) lebih cepat mengikat sel darah merah atau hemoglobin (Hb) dibandingkan dengan oksigen (O2). Sehingga ketika menghirup CO dapat lebih ringan masuk ke didalam tubuh dan sebabkan sesak napas, lebih-lebih didalam kuantitas yang banyak dapat sebabkan kematian.

5. Kurangi manfaatkan bahan karsinogenik

Seperti yang kita ketahui, karsinogenik atau zat karsinogen adalah zat yang dapat sebabkan kanker, keliru satunya kanker paru. Maka dari itu perlu sekali untuk menjauhkan bahan-bahan yang memiliki kandungan zat tersebut, seperti asbes, nikel, batu bara, silika, dan arsenik.

Leave a Reply